PENGARUH LATIHAN MODIFIKASI KARET BAN TERHADAP KECEPATAN PUKULAN KUMITE GYAKU TSUKI UNTUK ATLET KARATE DOJO WADOKAI LANGSA

REKSI AKMAL (2023), PENGARUH LATIHAN MODIFIKASI KARET BAN TERHADAP KECEPATAN PUKULAN KUMITE GYAKU TSUKI UNTUK ATLET KARATE DOJO WADOKAI LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pukulan gyaku tsuki chudan yaitu teknik pukulan dengan memotong serangan lawan / balikan serangan lawan ke arah ulu hati. Tangan memukul berlawanan arah dengan kaki, pinggul diputar untuk mendapatkan pukulan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Latihan Modifikasi Karet Ban Terhadap Kecepatan Pukulan Kumite Gyaku Tsuki Untuk Atlet Karate Dojo Wadokai Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pre eksperimen design. Adapun desain rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest dan Posttest design dengtan jumlah sampel penelitian seluruh Atlet Karaete Dojo wakodai Kota Langsa Kelompok Umur 15-17 tahun yang berjumlah 15 orang Hasil penelitian menunjukan bahwa ada Pengaruh Latihan Modifikasi Karet Ban Terhadap Kecepatan Pukulan Kumite Gyaku Tsuki Untuk Atlet Karate Dojo Wadokai Langsa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 6,93> 1,313 pada taraf signifikansi α = 0,05 . Terdapatnya Pengaruh Latihan Modifikasi Karet Ban Terhadap Kecepatan Pukulan Kumite Gyaku Tsuki Untuk Atlet Karate Dojo Wadokai Latihan menggunakan Tahanan karet dapat diartikan juga sebagai gerakan suatu model latihan dengan meluruskan tungkai atau memperbesar sudut antara tulang-tulang pada suatu persendian. Maka latihan beban gaya pegas karet ban terhadap kecepatan pukulan Kumite Gyaku zuki, otot-otot lengan atas/lengan bawah sangat mempega di karenakan power dari otot-otot sangat mempengaruh untuk kecepatan pukulan tersebut. Disarankan bagi atlet Karate bisa memahami tentang prioritasnya dalam mengikuti latihan agar kondisi fisiknya dan kemampuannya terus bisa meningkat. Bagi para pelatih atau pembina olahraga beladiri karate tingkat pemula dan sebaliknya agar menggunakan metode latihan jangan menoton cobalah menggunakan metode variasi atau modifikasi yang dimana dengan cara latihan tersebut bisa meningkatkan prestasi atlet dan juga agar setiap latihan atlet tidak merasa bosan.

Kata kunci : Pengaruh, Karet Ban, Gyaku Tsuki

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : REKSI AKMAL
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2023)
Tanggal disimpan : 24-08-2023 14:48
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4368
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!