PENGARUH LAMA PENCAHAYAAN YANG BERBEDA TERHADAP SINTASAN DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN GURAME (OSPHRONEMUS GOURAMY)

M. HIDAYAT (2023), PENGARUH LAMA PENCAHAYAAN YANG BERBEDA TERHADAP SINTASAN DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN GURAME (OSPHRONEMUS GOURAMY) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Gurami merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang cukup penting apabila dilihat dari permintaan yang cukup besar dan harganya relatif tinggi dibandingkan ikan air tawar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama pencahayaan yang berbeda terhadap sintasan dan pertumbuhan benih ikan gurami (Oshpronemus gouramy).


Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah Pertumbuhan Bobot Mutlak, Pertumbuhan Panjang Mutlak, Laju Pertumbuhan Harian, Sintasan, FCR, dan Kualitas Air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama pencahayaan yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan harian, sintasan, FCR dan kualitas air. Bobot mutlak tertinggi terdapat pada perlakuan (4 jam terang, 20 jam gelap) dengan nilai sebesar 3,750 gram, sedangkan bobot terendah terdapat pada perlakuan (16 jam terang, 8 jam gelap) dengan nilai sebesai 1,850 gram. Panjang mutlak tertinggi terdapat pada perlakuan (4 jam terang, 20 jam gelap) dengan nilai 1,50 cm. Laju pertumbuhan harian terbaik dihasilkan oleh perlakuan (4 jam terang, 20 gelap) dengan jumlah nilai sebanyak 2,362%. Selanjutnya pada FCR diperoleh nilai terbanyak dari perlakuan (4 jam terang, 20 jam gelap) dengan jumlah nilai 1,660. Perlakuan terbaik pada penelitian ini yaitu terdapat pada perlakuan P1 (4 jam terang, 20 jam gelap) karena memiliki nilai tertinggi dibandingkan perlakuan lainnya.

Kata kunci : Ikan gurami, Fotoperiod, Bobot, Sintasan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M. HIDAYAT
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 24-08-2023 14:31
Terakhir diubah : 24-08-2023 14:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4367
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!