PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI DAPHNIA SP. YANG DIPERKAYA DENGAN TEPUNG SPIRULINA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN CUPANG (BETTA SP.)

TEUKU ALRIAN MULANA (2023), PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI DAPHNIA SP. YANG DIPERKAYA DENGAN TEPUNG SPIRULINA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN CUPANG (BETTA SP.) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan cupang dengan nama ilmiah Betta sp. merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati oleh para penggemar ikan hias dalam kalangan yang luas, baik anak-anak maupun dewasa. Pakan merupakan faktor penting dalam pemeliharaan ikan. Pakan yang diberikan harus mudah dicerna dan memiliki nilai nutrisi yang tinggi. Ikan yang dipelihara memerlukan pakan yang memiliki nilai gizi tinggi yaitu terdiri dari protein dan asam amino, lemak, karbohidrat, serta vitamin dan mineral sehingga ikan yang dibudidaya dapat tumbuh dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Daphnia sp. yang diperkaya dengan tepung Spirulina terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan cupang (Betta sp.). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2022 – 4 Agustus 2022 bertempat di Green House, Fakultas Pertanian, Universitas Samudra. Benih ikan cupang yang digunakan berjumlah 60 ekor, benih tersebut diperoleh dari pembudidaya ikan cupang di Langsa dengan ukuran benih 2-3 cm. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu P1 (Daphnia sp. yang diperkaya tepung spirulina 1 g/L), P2 (Daphnia sp. yang diperkaya tepung spirulina 2 g/L), P3 (Daphnia sp. yang diperkaya tepung spirulina 3 g/L), P4 (Daphnia sp. yang diperkaya tepung spirulina 4 g/L) dengan pengulangan sebanyak 3 kali. Hasil dari penelitian ini yaitu semakin besar dosis tepung Spirulina yang diperkaya pada Daphnia sp. maka semakin tinggi kelangsungan hidup dan kinerja pertumbuhan benih ikan cupang (Betta sp.), dan perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan P4 dengan dosis Spirulina sebanyak 4 g.

Kata kunci : Daphnia sp., Tepung Spirulina, benih ikan cupang

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : TEUKU ALRIAN MULANA
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 24-08-2023 14:26
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4366
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!