EFEKTIVITAS FOTOPERIOD YANG BERBEDA TERHADAP KEMATANGAN GONAD DAN PERFORMA REPRODUKSI LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS)

JAMALUDDIN (2023), EFEKTIVITAS FOTOPERIOD YANG BERBEDA TERHADAP KEMATANGAN GONAD DAN PERFORMA REPRODUKSI LOBSTER AIR TAWAR (CHERAX QUADRICARINATUS). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) lebih dikenal masyarakat sebagai ikan hias. Lobster air tawar dikembangkan sebagai komoditi untuk konsumsi sejak tahun 2003. Kebutuhan akan komoditi ini semakin meningkat namun produksinya masih sangat rendah, sehingga harga lobster air tawar cukup tinggi dan mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas fotoperiod yang berbeda terhadap kematangan gonad dan performa reproduksi lobster air tawar (Cherax quadricaronatus).


Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah Pertumbuhan Bobot Mutlak, Tingkat Kematangan Gonad (TKG), Indeks Kematangan Gonad (IKG), Fekunditas, dan Diameter Telur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fotoperiod yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak, TKG, IKG, Fekunditas, dan Diameter Telur. Bobot mutlak tertinggi terdapat pada perlakuan (8 jam terang, 16 jam gelap) dengan nilai sebesar 14,406 gram, sedangkan bobot terendah terdapat pada perlakuan (14 jam terang, 10 jam gelap) dengan nilai sebesai 1,764 gram. IKG tertinggi terdapat pada perlakuan (8 jam terang, 16 jam gelap) dengan nilai 10,93%. Fekunditas terbaik dihasilkan oleh perlakuan (8 jam terang, 16 gelap) dengan jumlah nilai sebanyak 646,87 butir. Selanjutnya pada diameter telur diperoleh nilai terbanyak dari perlakuan (8 jam terang, 16 jam gelap) dengan jumlah nilai 1,24 mm. perlakuan terbaik pada penelitian ini yaitu terdapat pada perlakuan P1 (8 jam terang, 16 jam gelap) karena memiliki nilai performa yang tinggi dibandingkan perlakuan lainnya.

Kata kunci : Lobster air tawar, Fotoperiod, Gonad, Fekunditas, Diamater telur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : JAMALUDDIN
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 24-08-2023 13:51
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4362
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!