PENGARUH PENAMBAHAN ASTAXANTHIN PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENUR UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)

T. FAJAR KHAIRULLAH (2023), PENGARUH PENAMBAHAN ASTAXANTHIN PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENUR UDANG WINDU (PENAEUS MONODON). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Udang windu merupakan komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena udang windu sangat digemari oleh konsumen lokal dan konsumen luar negeri. Hal ini disebabkan oleh rasa udang windu yang enak dan gurih serta kandungan gizinya sangat tinggi yaitu mengandung 90% protein. Kendala yang sering dihadapi dalam budidaya adalah lambatnya pertumbuhan dan rendahnya kelangsungan hidup benur udang windu (Penaeus monodon), maka penelitian ini menguji apakah penambahan astaxanthin ke dalam pakan komersil dapat mempercepat proses pertumbuhan dan meningkatkan kelangsungan hidup benur udang windu (Penaeus monodon). Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu : Menganalisis pengaruh penambahan astaxanthin dalam pakan komersil terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benur udang windu (Penaeus monodon) dan Menentukan dosis terbaik astaxanthin yang di tambahkan dalam pakan komersil yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang windu (Penaeus monodon).


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 tiga ulangan. Adapun perlakuan yang akan dilakukan adalah: kontrol, PA1 (150 g/ 1/2 kg pakan), PA2 (250 g/ 1/2 kg pakan) dan PA3 (500 g/ 1/2 kg pakan). Parameter yang diamati: Pertumbuhan Panjang Mutlak, Pertumbuhan Bobot Mutlak, Laju Harian Pertumbuhan, Survial rate (SR), Efisiensi Pakan dan Rasio Konversi Pakan.


Hasil penelitian ini, pengaruh terbaik Astaxanthin pada pakan komersil bagi pertumbuhan udang windu yaitu pada perlakuan PA2 (penambahan astaxanthin dengan dosis 250 g).

Kata kunci : Astaxanthin, benur udang windu (Penaeus monodon), dan pellet komersil

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : T. FAJAR KHAIRULLAH
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 23-08-2023 11:44
Terakhir diubah : 24-08-2023 10:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4346
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!