PENGEMBANGAN LKPD MATERI IKATAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN PJBL BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

LILI ANISA (2023), PENGEMBANGAN LKPD MATERI IKATAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN PJBL BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pendekatan PjBL berorientasi keterampilan berpikir kritis untuk mrningkatkan motivasi belajar peserta didik yang valid, praktis, menarik dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, kelayakan, respon guru dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode (R&D) dengan model pengembangan pada tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), dan implementasi (Implementation). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari validator media dan materi, guru kimia di SMA Negeri Kota Langsa dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh LKPD yang dikembangkan berisikan materi ikatan kimia yang dilengkapi dengan bentuk teks, evaluasi, dan gambar. Adapun hasil penelitian ini diketahui bahwa kelayakan pada ahli media memperoleh nilai aiken’s V rata–rata 0,84 dan ahli materi memperoleh nilai aiken’s V rata-rata 0,85 dengan kriteria keduanya sangat tinggi. Penilaian Kepraktisan memperoleh persentase sebesar 93,83% dengan kriteria sangat praktis, respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 97,18% dengan kriteria sangat tertarik.

Kata kunci : Berpikir Kritis, Bahan Ajar, Ikatan Kimia, PjBL

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : LILI ANISA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 18-08-2023 10:12
Terakhir diubah : 24-08-2023 10:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4336
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!