PENGARUH MINAT BACA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TAMIANG HULU

ROSMIATI (2022), PENGARUH MINAT BACA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TAMIANG HULU. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Minat baca akan mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar karena motivasi mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar di Sekolah Dasar. Bagi siswa motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga siswa terdorong untuk melakukan perbuatan belajar. Siswa melakukan aktivitas belajar dengan senang karena didorong motivasi. Saat ini, banyak siswa yang kurang termotivasi untuk belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap siswa yang acuh terhadap proses pembelajaran, tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi pelajaran serta kurangnya minat membaca siswa tersebut. Hal ini yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Minat Baca Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Tamiang Hulu.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh minat baca terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Tamiang Hulu.


Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi yang dimana instrument penelitian menggunakan kuisioner yaitu kuisioner sekala likert. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas tinggi di setiap SD di Kecamatan


Tamiang Hulu, yang berjumlah 403 siswa.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kesalahan 5% besarnya korelasi antara minat baca dan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2,543 dengan ttabel sebesar 0,113. karena thitung>ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan anatara minat baca dan motivasi belajar siswa.


Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu diharapkan bagi para siswa untuk terus meningkatkan minat membacanya dengan mencari sumberbacaan yang baru, hal ini agar motivasi belajar semakin meningkat.

Kata kunci : Minat Baca, Motivasi Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ROSMIATI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 04-08-2023 10:39
Terakhir diubah : 24-08-2023 10:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4331
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!