SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING ANGGORA MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : MOGUGU PETSHOP & KLINIK KOTA LANGSA)

NUR AYNUN SIREGAR (2023), SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING ANGGORA MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : MOGUGU PETSHOP & KLINIK KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kucing merupakan mamalia yang paling digemari banyak orang seperti kucing Anggora. Pecinta kucing tidak memandang usia, kebanyakan kucing ini disukai oleh semua kalangan sehingga tidak jarang kucing ditemukan dimana - mana. Kucing Anggora memiliki keperawakan yang indah dengan bulu dan wajahnya yang lucu. Sehingga tidak jarang kucing Anggora ini menjadi pawang hati yang paling disukai. Kegemaran memelihara kucing ini tidak hanya dilihat dari keperawakannya saja tetapi harus dibarengi dengan kesehatannya. Adapun beberapa penyakit yang sering diderita oleh kucing anggora antara lain, Feline Calicivirus, Helminthiasus, Dermatopytosis, Konjungtivitis, dan Toksoplasmosis. Sistem pakar ini digunakan pemelihara untuk mendiagnosa awal penyakit pada kucing Anggora berdasarkan gejala-gejala yang dialami kucing serta membantu memberikan informasi tentang penyakit kucing tersebut. Data penelitian menggunakan uji laboratorium, wawancara dan dokumentasi kemudian diolah dengan metode Fuzzy Mamdani dan desain penelitian dengan UML yang dirancang dalam model use case diagram untuk menggambarkan aktivitas sistem. Tahapannya membentuk himpunan Fuzzy Mamdani, menentukan aturan, dan Defuzzifikasi. Hasil uji coba dengan 23 gejala dari 5 jenis penyakit dengan nilai akurasi dari sistem ini adalah 90%. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat membantu para pecinta Anggora sejak dini untuk mengetahui apa saja gejala dari berbagai jenis penyakit kucing tersebut, serta solusi penanggulangannya dan dapat berkonsultasi ke dokter sebelum melanjutkan ke tahap yang lebih lanjut.

Kata kunci : Anggora, Feline Calicivirus, Helminthiasis, Dermatophytosis, Konjungtivitis, Toksoplasmsosis, Diagnosa, Gejala, Fuzzy Mamdani, Sistem Pakar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NUR AYNUN SIREGAR
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2023)
Tanggal disimpan : 03-08-2023 15:29
Terakhir diubah : 01-02-2024 15:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4328
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!