PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI CHANEL YOUTUBE UNTUK KEBUTUHAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI

Lilis Herawati (2023), PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI CHANEL YOUTUBE UNTUK KEBUTUHAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Salah satu alternatif yang digunakan yaitu video pembelajaran berbasis masalah yang dapat membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, kelayakan, kepraktisan dan respon peserta didik terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, tetapi peneliti hanya sampai tahap pengembangan. Instumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar wawancara analisis kebutuhan, kelayakan, kepraktisan, dan angket respon. Subjek penelitian ini terdiri dari guru kimia di SMA Negeri Kota Langsa dan peserta didik. Pada tahap analisis dilakukan wawancara analisis kebutuhan pada guru kimia di SMA Negeri Kota Langsa. Tahap desain melakukan perancangan dengan membuat video pembelajaran sebagai acuan pengembangan media. Tahap selanjutnya adalah pengembangan yang dapat dilihat dari hasil validasi kelayakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan berisi materi kimia kelas XI yang dilengkapi dengan kompetensi dasar dan animasi lainnya. Adapun hasil wawancara yaitu kebanyakan guru menggunakan media pembelajaran berupa buku cetak dan LKPD, Pada kelayakan pada ahli diperoleh nilai sebesar 0,88 dengan kriteria sangat layak. Pada kepraktisan yang dilakukan oleh 6 orang guru kimia memperoleh persentase 93,8% dengan kriteria sangat praktis, serta respon peserta didik diperoleh persentase 82,35 % dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis masalah layak dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi kimia kelas XI.

Kata kunci : Video, Youtube, Pembelajaran berbasis masalah, Praktikum

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lilis Herawati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 03-08-2023 15:12
Terakhir diubah : 24-08-2023 10:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4326
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!