ANALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT (STUDI KASUS : PT. SEMADAM, KECAMATAN KEJURUAN MUDA, KABUPATEN ACEH TAMIANG)

Mardiah (2023), ANALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT (STUDI KASUS : PT. SEMADAM, KECAMATAN KEJURUAN MUDA, KABUPATEN ACEH TAMIANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi aliran rantai pasok dan menganalisis kinerja rantai pasok tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di PT. Semadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian dilakukan dengan metode survei. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner langsung dengan responden dan data sekunder. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dan pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengetahui aliran rantai pasok tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dan deskriptif kuantitatif menganalisis kinerja rantai pasok tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di PT. Semadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Aliran rantai pasok yang terjadi pada perusahaan ini terdiri dari 3 aliran yaitu aliran barang (produk), aliran uang (finansial), dan aliran informasi yang dilakukan oleh PT. Semadam (pemasok) menuju Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan 2) Kinerja rantai pasok penerimaan tandan buah segar (TBS) yang baik pada perusahaan ini terjadi pada bulan September sebesar 100% dengan jumlah produksi sebesar 1.494.272 kg.

Kata kunci : Rantai Pasok, Sawit, Tandan Buah Segar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mardiah
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 14-06-2023 10:54
Terakhir diubah : 24-08-2023 10:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4294
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!