ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM “HICHKI” KARYA SIDHARTH P. MAHOTRA TAHUN 2018

Rusmawati (2022), ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM “HICHKI” KARYA SIDHARTH P. MAHOTRA TAHUN 2018. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Film merupakan sebuah media komunikasi masa dimana salah satu fungsinya sebagai media untuk pendidikan, tidak semua film dapat dijadikan sebagai media pendidikan, tentunya film tersebut harus mengandung nilai-nilai pendidikan yang bisa dipelajari oleh peserta didik, apalagi perkembangan teknologi yang semakin pesat dan sangat besar pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menginformasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Film “Hichki’ karya Sidharth P. Mahotra Tahun 2018. Metode yang digunakan adalah analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam yang digunakan yaitu model Margaret R. Roller dan Paul J. Lavrakas, yang terdiri dari 8 tahap yaitu absord content, determine unit of analisis, develop unique codes, conduct preliminary coding, code content, identify categories across codes, identify themes/patterns across categories, dan draw interpretations and implications. Hasil penelitian ini menujukan bahwa di dalam Film “Hichki’ karya Sidharth P. Mahotra Tahun 2018 terdapat 14 nilai pendidikan karakter jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prsetasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan dan peduli sosial.

Kata kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Film Hichki

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rusmawati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 13-06-2023 14:54
Terakhir diubah : 24-08-2023 10:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4287
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!