IDENTITAS BUDAYA MASYARAKAT SIBOLGA: EKSISTENSI TARIAN SAPU TANGAN

HIKMAH ASARI (2022), IDENTITAS BUDAYA MASYARAKAT SIBOLGA: EKSISTENSI TARIAN SAPU TANGAN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Fenomena interaksi identitas budaya masyarakat pesisir yang heterogen banyak terdapa jenis tarian salah satunya tarian sapu tangan. Melalui tarian sapu tangan yang digunakan pada acara pernikahan menunjukkan cara masyarakat Sibolga untuk bersatu. Hal ini disebut sebagai sebuah identitas komunitas “ke-sibolga-an” yang membuat masing-masing etnis merasa menjadi masyarakat Sibolga.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai filosofis yang terkandung pada tarian sapu tangan yang dapat dijadikan identitas budaya dalam masyarakat pesisir Sibolga dan mengapa tarian sapu tangan tetap eksistensi pada masyarakat pesisir Sibolga sampai sekarang ini.


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.


Berdasarkan hasil penelitian, syair tari sapu tangan mengandung makna dan nilai filosofis yang sangat berguna bagi kehidupan masyarakat pesisir yang kebanyakan bekerja sebagai nelayan. Nilai filosofis yang terkandung dalam tarian sapu tangan ialah : nilai tugas dan tanggung jawab, nilai persatuan, nilai identitas dan nilai hiburan. Eksistensi tari sapu tangan ini sudah turun temurun diturunkan dan penerus yang masih ada yang mengajarkan tari sapu tangan kepada masyarakat dan beberapa orang penari lainnya. Karena beberapa tetua adat sudah tua dan sudah tidak bisa bergerak dengan kuat maka tradisi tari sapu tangan telah diwarisi ketangan pemuda setempat hingga sampai saat ini. Setiap masyarakat pesisir mempunyai adat yang dibanggakan oleh masing-masing daerahnya. salah satunya ialah tarian sapu tangan. Tari sapu tangan adalah salah satu kesenian yang sering digunakan masyarakat pesisir Sibolga dalam berbagai acara seperti pernikahan, hiburan, upacara adat. Tari sapu tangan ini memiliki keberagaman gerak, seirama dengan musik pengiringnya yaitu musik kapri.


Sebagai generasi pemuda kita harus selalu mendukung apa saja yang menjadikan Negara kita lebih baik untuk kedepannya. Karena adat dan budaya merupakan identitas diri kita, baik dalam masyarakat umum maupun pesisir. mari terus belajar dan meningkatkan jiwa sosial.

Kata kunci : Sibolga, Pesisir, Tarian Sapu Tangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : HIKMAH ASARI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 12-06-2023 16:23
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4259
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!