PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) (STUDI KASUS: PT. GORA MANDAU SAWIT, RIAU)

YEMIMA KRISTIANI (2023), PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) (STUDI KASUS: PT. GORA MANDAU SAWIT, RIAU). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PT. Gora Mandau Sawit adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan brondolan sawit menjadi Crude Palm Oil (CPO) dan kernel. Permasalahan yang dihadapi adalah proses produksi dinilai masih belum optimal, karena masih ditemui adanya aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah (non value added). Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Mengidentifikasi pemborosan (waste) pada proses produksi meggunakan metode Value Stream Mapping (VSM), menentukan nilai Manufacturing Lead Time dan Process Cycle Efficiency terhadap keadaan aktual dan keadaan usulan, dan merekomendasikan usulan perbaikan untuk mengurangi pemborosan (waste) pada proses produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Value Stream Mapping (VSM). ValueStream Mapping (VSM) adalah tools yang menyajikan suatu metode visual untuk memetakan jalur produksi dari sebuah produk yang di dalamnya terdapat aliran material dan informasi yang bermanfaat dalam menyoroti pemborosan. Berdasarkan hasil pengamatan di PT. Gora Mandau Sawit, teridentifikasi pemborosan (waste) pada proses produksi yaitu unnecessary inventory, waiting, dan transportation. Hasil perbaikan menunjukkkan penurunan nilai manufacturing lead time sebesar 201,46 menit dan peningkatan Process Cycle Efficiency sebesar 6,79%. Rekomendasi usulan perbaikan untuk mengurangi waste adalah melakukan pengawasan terhadap SOP dan memberikan pelatihan kepada operator.

Kata kunci : lean manufacturing, value stream mapping, waste

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : YEMIMA KRISTIANI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 12-06-2023 16:00
Terakhir diubah : 24-08-2023 10:19
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4254
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!