PROFIL KELEMBAGAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDORONG MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 14 LANGSA

ERFANIATI (2023), PROFIL KELEMBAGAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDORONG MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 14 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah perpustakaan belum maksimal. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kelembagaan perpustakaan dalam mendorong minat baca dan kendala kelembagaan perpustakaan dalam mendorong minat baca siswa di SD Negeri 14 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran kelembagaan
perpustakaan SD Negeri 14 Langsa sudah cukup baik. Beberapa aspek kelembagaan perpustakaan yaitu Gedung atau ruang perpustakaan baik dan berada ditempat yang strategis, pelayanan dan sarana yang memadai, koleksi bahan perpustakaan yang berupa buku bacaan serta terdapat alat-alat pendukung perpustakaan seperti tempat untuk membaca, lemari rak dan lainnya, memiliki satu pustakawan yang berperan mengelola perpustakaan, pelayanan yang diberikan berupa layanan terbuka dan telah memiliki atau memajang tata tertib perpustakaan. (2) kedala yang dihadapi kelembagaan perpustakaan SD Negeri 14 Langsa yaitu kurang tenaga pustakawan, minimnya koleksi buku dan kurangnya dana biaya operasional untuk perpustakaan. Saran pada penelitian ini adalah bagi pemerintah supaya dapat memberikan dana bantuan agar dapat memenuhi kebutuhan perpustakaan, bagi sekolah agar terus berupaya untuk meningkatkan kinerja perpustakaan, bagi guru supaya memberikan semangat dan motivasi kepada siswa untuk menabah kecintaan terhadap membaca. Kepada pustakawan agar terus meningkatkan kinerja perpustakaan.

Kata kunci : Minat Baca, Perpustakaan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ERFANIATI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 31-05-2023 12:28
Terakhir diubah : 05-09-2023 08:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4237
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!