PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI INTERAKTIF PADA PELAJARAN PJOK MATERI POLA HIDUP SEHAT KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA LANGSA

FITRAH ABDUL HALIL (2022), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI INTERAKTIF PADA PELAJARAN PJOK MATERI POLA HIDUP SEHAT KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis animasi interaktif dengan aplikasi Adobe Flash CS5 untuk pola hidup sehat. Prosedur yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Brog dan Gall yang disederhanakan hanya pada batas uji validitas ahli dan revisi produk. Kelima langkah tersebut adalah (1) analisis kebutuhan;(2) desain produk;(3) produksi;(4) pemantapan;dan (5) uji validitas dan revisi. Pengmbilan data dilakukan dengan validitas ahli materi, ahli media dan guru PJOK tingkat SMP. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa angket. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan konversi skala 4. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah perangkat multimedia pembelajaran dalam bentuk CD yang berisi file exe. swf. dan mp4. yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru PJOK. Validitas ahli materi terhadap aspek pembelajaran dan aspek isi diperoleh skor rata-rata 3,5, dan rerata presentase 87,5% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media terhadap aspek tampilan, dan pemrograman, diperoleh skor rata-rata 3,58, dan retata presentase 89,58% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi guru PJOK terhadap aspek pembelajaran, isi, tampilan, dan pemrograman, diperoleh skor rata-rata 3,77, dan rerata presentase 73% dengan kategori layak.

Kata kunci : media pembelajaran, animasi interaktif, pola hidup sehat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FITRAH ABDUL HALIL
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2022)
Tanggal disimpan : 30-05-2023 12:03
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4223
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!