PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK MENGATAHUI HISTORICAL THINKING SISWA KELAS XIPA MADRASAH ALIYAH AL – HUDA PANGKALAN SUSU TAHUN AJARAN 2022 – 2023

MUHAMMAD IKHSAN MUKH PRATAMA (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK MENGATAHUI HISTORICAL THINKING SISWA KELAS XIPA MADRASAH ALIYAH AL – HUDA PANGKALAN SUSU TAHUN AJARAN 2022 – 2023 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujaun untuk menaganalisis penerapan model discovery learning untuk mengetahui historical thinking  pada mata pelajaran sejarah kelas X  IPA. Penelitian ini merupakan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga  siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan penilaian aspek pengetahuan siswa menggunakan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 25 siswa, Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif . Hasil penelitian pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar sejarah siswa nila r pada aspek sikap siklus 1 semua siswa sudah mencapai kategori cukup sedangkan pada siklus 2, kategori baik diraih oleh 25 siswa dan kategori baik dicapai oleh 25 siswa sedangakan pada siklus 3 , kategori sangat baik di capai oleh 25 siswa . Jadi aspek sikap sudah mencapai  belum tuntas pada siklus 1. Aspek pengetahuan, pada siklus 1 mencapai 6.9% dengan nilai rata-rata 64, 07  Sedangkan pada siklus 2 baru mencapai ketuntasan 90% dengan nilai rata-rata 79. Sedangkan pada siklus 3 telah mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 83,26 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


 

Kata kunci : Historical Thinking, Model Pembelajaran Discovery Learning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUHAMMAD IKHSAN MUKH PRATAMA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2023)
Tanggal disimpan : 26-05-2023 16:18
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4201
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!