ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT AND DETERMINING CONTROL (HIRADC).

Asril Yusni Afnasyah (2023), ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT AND DETERMINING CONTROL (HIRADC). . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan elemen penting dalam perusahaan. Pekerjaan dalam keadaan bertegangan memiliki tingkat bahaya serta risiko bekerja yang tinggi. Hal ini terlihat jelas dengan aktifitas pekerjaan yang berinteraksi langsung dengan tegangan tinggi yang aktif dan memiliki tingkat risiko kecelakaan kerja yang tinggi, ancaman besar dapat terjadi pada perusahaan dikarenakan bekerja diketinggian dan keadaan arus tinggi yang aktif sehingga terdapat beberapa bahaya serta risiko pekerjaan yang ekstrim, seperti jatuh dari ketinggian, tersengat arus listrik serta tertimpa material yang dapat mengakibatkan cedera serius hingga kehilangan nyawa. Pencegahan bahaya, risiko serta kecelakaan kerja sangat diperlukan untuk menjaga keamanan pekerja serta meningkatkan upaya zero accident. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Hazard Identification, Risk Assesment And Determining Control (HIRADC). Tujuan penelitian  untuk mengetahui dan memahami tahapan pengendalian risiko yang terdiri dari identifikasi, penilaian, penanganan, dan pengendalian risiko pada setiap pekerjaan sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh penulis untuk mengetahui level bahaya dan risiko yang mungkin terjadi pada pelaksanaannya. Penelitian dilakukan pada November 2022 di PT. PLN UP3 Langsa menggunakan metode HIRADC. Setelah penelitian dilakukan terdapat 64 potensi bahaya dan risiko dari 8 sub item pekerjaan. Hasil penilaian bahaya dan risiko yang telah dilakukan, kategori tingkat risiko low terdapat 2 potensi bahaya, kategori medium low terdapat 24 potensi bahaya, kategori medium high terdapat 27 potensi bahaya dan kategori high terdapat 11 potensi bahaya.


 


 


 


 

Kata kunci : Keselamatan dan Kesehatan Kerja, HIRADC.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Asril Yusni Afnasyah
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 25-05-2023 12:04
Terakhir diubah : 22-09-2023 09:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4185
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!