MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PEUNARON TAHUN AJARAN 2021/2022

WINDIA WATI LESTARI (2023), MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PEUNARON TAHUN AJARAN 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa siswa kelas V SD Negeri 2 Peunaron saat pembelajaran tematik dilaksanakan dikelas siswa cenderung bosan dan kurang aktif dalam belajar. Dilihat dari hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KBM yaitu 65 dari 25 siswa. Dengan jumlah siswa yang dibawah KBM berjumlah 17 siswa (70%) dan siswa yang mencapai target nilai KBM berjumlah 8 siswa(30). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas V SD Negeri 2 Peunaron. Oleh sebab itu pada penelitian ini peneliti menerapkan model pembelajaran STEAM untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas V SD Negeri 2 Peunaron. Dilihat dari hasil belajar pada siklus 1, hasil belajar kognitif pada siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 55,40 dengan presentase ketuntasan 40%. Kemudian pada hasil belajar afektif mendapatkan nilai rata-rata 60 presentase ketuntasan 40%. Kemudian pada hasil belajar psikomotor siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 44,8 dengan presentase ketuntasan 48%. Kemudian hasil belajar kognitif siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 64,4 dengan presentase ketuntasan 56%. Kemudian hasil belajar afektif pada siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 65,8 dengan dengan presentase ketuntasan 96%. Kemudian hasil belajar psikomotor siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 56,5 dengan presentase ketuntasan 60%. Kemudian hasil belajar kognitif siklus 3 mendapatkan nilai rata-rata 69 dengan presentase ketuntasan 80%. Kemudian hasil belajar afektif mendapatkan nilai rata-rata 80 dengan presentase ketuntasan 100%. Yang terakhir hasil belajar psikomotor pada siklus 3 mendapatkan nilai rata-rata 67,4 dengan presentase ketuntasan 80%. Berdasarkan hasil belajar diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STEAM mampu meningkatkan hasil belajar tematik pada sisiwa kelas V SD Negeri 2 Peunaron.

Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran STEAM, Peningkatan Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : WINDIA WATI LESTARI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 24-05-2023 07:09
Terakhir diubah : 12-09-2023 08:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4173
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!