PENGARUH AKUNTABILITAS, PARTISIPASI, DAN PRINSIP EFISIENSI PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SMP NEGERI SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM

YULI LESTARI (2023), PENGARUH AKUNTABILITAS, PARTISIPASI, DAN PRINSIP EFISIENSI PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SMP NEGERI SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas, partisipasi, prinsip efisiensi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja sekolah terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri Simpang Kiri Kota Subulussalam. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dengan jumlah sampel 67 responden. Pengambilan Data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik seperti uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan regresi linear berganda, uji hipotesis seperti uji t, uji f, dan uji R2 menggunakan SPSS sebagai alat analisis dengan menggunakan tingkat signifikan 0,05. Hasil persamaan linear berganda adalah Y= 0,450 + 0,522X1 + 0,494X2 + 0,391X3. Hasil uji t menyatakan akuntabilitas pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri Simpang Kiri Kota Subulussalam, partisipasi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri Simpang Kiri Kota Subulussalam, dan prinsip efisiensi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri Simpang Kiri Kota Subulussalam. Hasil uji f diketahui F sig 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa akuntabilitas, partisipasi, dan prinsip efisiensi pengelolaan anggaaran pendapatan dan belanja sekolah secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada SMP Negeri Simpang Kiri Kota Subulussalam. Hasil uji R2 diperoleh nilai 0,861 atau sebesar 86,1% hal ini berarti variabel akuntabilitas, partisipasi, dan prinsip efisiensi mempengaruhi kinerja pegawai pada SMP Negeri Simpang Kiri Kota Subulussalam. Sedangkan sisanya 13,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Akuntabilitas, Partisipasi, Prinsip Efisiensi, Kinerja Pegawai

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : YULI LESTARI
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 23-05-2023 11:28
Terakhir diubah : 29-05-2023 15:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4164
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!