PENGARUH KINERJA KELOMPOK TANI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI DESA PASIRAN KECAMATAN GEBANG KABUPATEN LANGKAT)

ADETTA SASKIA GINTING (2023), PENGARUH KINERJA KELOMPOK TANI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH (STUDI KASUS : KELOMPOK TANI DESA PASIRAN KECAMATAN GEBANG KABUPATEN LANGKAT) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja kelompok tani, pendapatan usahatani padi sawah dan untuk mengetahui apakah kinerja berpengaruh terhadap pendapatan usahatani padi sawah di Desa Pasiran Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Peneliti mengambil 25% jumlah sampel yang ditarik dari setiap kelompok tani dengan cara simple random sampling. Simple random sampling adalah teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan tingkatan yang ada dalam populasi, yaitu tiap anggota dalam populasi diberikan kesempatan (opportunity) yang sama untuk terpilih sebagai sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 jiwa yang merupakan anggota kelompok tani Desa Pasiran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui tujuan penelitian ini, maka analisis data yang digunakan adalah Skala Likert untuk mengetahui tingkat kinerja kelompok tani, analisis pendapatan untuk mengetahui berapa pendapatan usahatani padi sawah dan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui apakah kinerja berpengaruh terhadap pendapatan usahatani padi sawah di Desa Pasiran Kecamatan Kabupaten Langkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor tingkat kinerja kelompok tani sebesar 80,94, artinya tingkat kinerja kelompok tani sedang, analisis pendapatan menunjukkan rata-rata pendapatan/ usahatani padi sawah sebesar Rp2.262.655/Musim Tanam dengan rata-rata pendapatan/Ha sebesar Rp3.771.092 dan kinerja kelompok tani tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usahatani padi sawah di Desa Pasiran Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat.

Kata kunci : Kelompok Tani, Kinerja, Pendapatan Usahatani Padi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ADETTA SASKIA GINTING
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 23-05-2023 11:05
Terakhir diubah : 08-09-2023 08:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4163
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!