PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DALAM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAUN KELOR (STUDI KASUS: CV. ATLANTIC KABUPATEN ACEH UTARA)

Nurbaiti (2023), PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DALAM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAUN KELOR (STUDI KASUS: CV. ATLANTIC KABUPATEN ACEH UTARA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa jumlah pemesanan bahan baku daun kelor agar mendapatkan biaya-biaya yang optimal dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) yang terjadi pada CV. Atlantic di Desa Tanjung Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Data primer diperoleh dengan cara observasi, wawancara dengan menggunakan kuisioner langsung dengan responden. Data sekunder diperoleh melalui jurnal buku-buku dan catatan perusahaan selama satu tahun (Januari-Desember 2022). Dalam penelitian ini memiliki satu responden yaitu pemilik atau Direktur CV. Atlantic. Adapun penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode studi kasus di mana jumlah sampel yang diambil hanya berasal dari informan internal yaitu Direktur maupun Wakil Direktur dari CV.Atlantic. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock (SS) dan Re Order Point (ROP). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berdasarkan metode EOQ adalah sebanyak 32,16 kg dengan frekuensi pembelian bahan baku daun kelor sebanyak 16 kali dalam satu tahun. Total biaya persediaan bahan baku berdasarkan kebijakan CV. Atlantic yaitu sebesar Rp 7.378.764,00, sedangkan berdasarkan perhitungan menggunakan metode EOQ total biaya persediaan bahan baku daun kelor yaitu sebesar Rp 463.051,38 sehingga dengan menggunakan metode EOQ CV. Atlantic dapat menghemat biaya sebanyak Rp 6.915.712,62. Persediaan pengaman (safety stock) berdasarkan metode EOQ sebanyak 2,35 kg/bulan bahan baku daun kelor. Titik pemesanan kembali (Re Order Point) berdasarkan metode EOQ sebanyak 3,78 kg.

Kata kunci : Pengendalian Persediaan, Bahan Baku, EOQ

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurbaiti
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 19-05-2023 15:47
Terakhir diubah : 26-05-2023 15:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4157
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!