PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI KOLOID

NINGSIH (2023), PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI KOLOID . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan model problem based learning terintegrasi etnokimia. Penelitian ini dilaksanakan secara sistematis pada kelas XI SMA Negeri 1 Langsa tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonquivalent control group design menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keterlaksanaan model problem based learning terintegrasi etnokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-Gain kelas eksperimen yaitu sebesar 0,89 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Selanjutnya nilai t hitung yang lebih besar dibandingkan t tabel (8,1 > 2,01) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai N-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi koloid.


 

Kata kunci : Etnokimia, Kemampuan Pemecahan Masalah, Koloid, Problem Based Learning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NINGSIH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 10-05-2023 15:25
Terakhir diubah : 11-09-2023 11:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4116
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!