SUATU TINJAUAN HISTORIS DAN BUDAYA TERHADAP GRUP KESENIAN KUDA KEPANG TURONGGOSARI DI ALUE DUA KOTA LANGSA 2000-2020

RISKI AULIA (2022), SUATU TINJAUAN HISTORIS DAN BUDAYA TERHADAP GRUP KESENIAN KUDA KEPANG TURONGGOSARI DI ALUE DUA KOTA LANGSA 2000-2020. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Berbicara tentang kesenian masyarakat jawa tidak luput dari Kesenian Kuda Kepang Turonggo Sari. Kesenian ini merupakan salah satu jenis kesenian tradisional yang menjadi pertunjukan rakyat di Jawa, berupa tarian menunggang kuda, yang dimainkan oleh sekelompok orang dengan iringan gamelan. Gamelan pengiringnya terompet kecil, angklung, gong kecil, kendang, kenong, dan ketipung. Pakaian para pemainnya berbeda antara daerah yang satu dan lainnya. Rumusan masalah, Bagaimana sejarah terbentuknya kesenian grup kuda kepang Turonggo Sari di Alue Dua kota Langsa. Bagaimana interaksi grup kesenian kuda kepang Turonggo Sari ini terhadap masyarakat kota Langsa. Bagaimana eksistensi grup kesenian kuda kepang Turonggo Sari di Alue Dua kota Langsa. Tujuan penelitian, untuk  mendeskripsikan asal usul sejarah terbentuknya grup kesenian kuda kepang turonggo sari di Alue Dua kota Langsa. Untuk mengetahui interaksi grup kesenian kuda kepang turonggo sari ini terhadap masyarakat kota Langsa, Untuk mengetahui eksistensi grup kesenian kuda kepang Turonggo Sari di Alue Dua kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode historis dengan 4 langkah-langkah. Heuristik merupakan pencarian sumber-sumber sejarah untuk melakukan penelitian. Kemudian setelah melakukan mengumpulkan sumber tahapselanjutnya adalah kritik sumber untuk menentukan keautentikan dan kredibilitas sumber sejarah. Interpretasi adalah langkah ketiga setelah proses pencarian sumber (heuristik) dan kritik


sumber atau verifikasi dilakukan. Historiografi merupakan usaha mensintesiskan seluruh hasil penelitian atau penemuan yang berupa data-data dan fakta-fakta sejarah menjadi suatu penelitian yang utuh, baik itu berupa karya besar maupun hanya berupa makalah kecil. Hasil penelitian, sebenarnya Kesenian Kuda Kepang Turonggo Sari di Alue Dua pada saat ini sudah tidak asing lagi pada warga masyarakat Gampong Alue Dua, hal ini ternyata diluar perkiraan dimana kebanyakan masyarakat yang tertarik dengan kesenian ini, dikarena dalam pertunjukan kesenian tradisonal yang di pertontonkan oleh Grup Kesenian Kuda Kepang Turonggo Sari kepada masyarakat banyak terdapat unsur magis sebagai salah satu ciri khasnya yang menjadi daya tarik masyarakat Gampong Alue Dua. Berkat jerih payah yang dilakukan Bapak Darsem dan rekan-rekanya tidaklah sia-sia dimana banyak anak-anak muda yang antusias ingin belajar dan mengikuti Kesenian Kuda Kepang Turonggo Sari ini sehingga semakin membuat beliau-beliau ini semangat dalam mengembangkan kesenian tradisional di bawah Grup Kesenian Kuda Kepang Turonggo Sari.

Kata kunci : Kesenian,Kuda Kepang,Turonggo Sari

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RISKI AULIA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 03-05-2023 15:38
Terakhir diubah : 24-08-2023 10:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4094
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!