PENGARUH KOMBINASI PERSENTASE KAROTENOID DENGAN SPIRULINA SP. PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP GRADASI WARNA IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO)

SUCI INDAH LESTARI SURBAKTI (2019), PENGARUH KOMBINASI PERSENTASE KAROTENOID DENGAN SPIRULINA SP. PADA PAKAN KOMERSIL TERHADAP GRADASI WARNA IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan koi (Cyrpinus carpio) merupakan jenis ikan hias yang banyak diminati oleh masyarakat karena warnanya yang indah. Namun, ikan koi tidak dapat mensintesis karotenoid pada tubuhnya, sedangkan karotenoid merupakan zat pewarna untuk meningkatkan warna ikan koi. Pakan yang memiliki kualitas baik dengan kandungan karotenoid dan Spirulina sp. dapat mempengaruhi gradasi warna ikan koi, sehingga ikan koi yang dibudidaya akan memiliki nilai jual yang tinggi. Pakan yang memiliki kualitas baik dengan kandungan karotenoid dan Spirulina sp. dapat mempengaruhi gradasi warna ikan koi, sehingga ikan koi yang dibudidaya akan memiliki nilai jual yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan karotenoid dan Spirulina sp. pada pakan terhadap gradasi warna ikan koi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April di Laboratorium Universitas Samudra, Langsa Aceh. Penelitaian ini menggunakan rancangan acak lengakp (RAL) dengan 4 perlakuan yakni K0 (kontrol) K1 (10% karotenoid dan 2% Spirulina sp.) K2 (20% karotenoid dan 2% Spirulina sp.) K3 (30% karotenoid dan 2% Spirulina sp.) dengan 4 kali pengulangan pada masingmasing perlakuan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji F. Hasil penelitian berdasarkan hasil Uji F diperoleh bahwa penambahan karotenoid dan Spirulina sp. Berpengaruh nyata atau signifikan terhadap gradasi warna ikan koi dengan nilai (P<0,005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gradasi warna tertinggi terdpat pada dosis perlakuan 10% karotenoid dan 2% Spirulina sp. dengan skor warna 23,1. Karotenoid dan Spirulina sp. dapat menjadi suplemen pakan yang untuk meningkatkan gradasi warna ikan koi dengan dosis 10% karotenoid dan 2% Spirulina sp.


Kata kunci : Kunci: Gradasi warna, ikan koi (Cyprinus carpio), karotenoid, pakan, Spirulina sp.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SUCI INDAH LESTARI SURBAKTI
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2019)
Tanggal disimpan : 26-02-2020 12:17
Terakhir diubah : 26-02-2020 12:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=409
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!