PENGARUH METODE LATIHAN CIRCUIT TRAINNING TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN T PADA SISWA/I EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMP NEGERI 9 LANGSA

Nuzul dwi gustiana (2023), PENGARUH METODE LATIHAN CIRCUIT TRAINNING TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN T PADA SISWA/I EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMP NEGERI 9 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dari pengamatan saya dilapangan terdapat hal yang menjadi perhatian khusus saya yaitu banyak siswa yang tidak memiliki kecepatan pada tendangannya. Khususnya tendangan T yang kecepatannya masih kurang terlihat dari tendangannya yang masih bisa dihindari dan ditangkap oleh lawan pada saat siswa-siswi latihan partner (berpasangan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan dengan menggunakan metode circuit training terhadap kecepatan tendangan siswa/i ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 9 langsa. Bentuk design dalam Penelitian ini menggunakan bentuk design pre-eksperimental design (eksperimen yang belum sebenarnya). Instrumen dalam penelitian ini terdapat beberapa alat instrumen,tahap pelaksanaan,petunjuk pelaksanaan tes dan penilaian.Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling, dengan jumlah populasi 15 siswa, yang terdiri dari 8 orang siswa putri dan 7 orang siswa putra. Teknik sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Dengan jumlah sampel 15 orang siwa putra dan siswa putri. Teknik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data diambil dengan melalui pre-tes dan post-tes, data dianalisis dengan uji beda ( uji t ). Setelah dilakukan analisis data maka hasil pre tes kecepatan tendangan T siswa putri mendapatkan hasil t hitung sebesar 22,05 dan t tabel 2,365. Sedangkan siswa putra mendapatkan hasil t hitung sebesar 56,07 dan ttabel sebesar 2,365 dengan taraf alfa (α) 0,05 Berarti t hitung > ttabel.

Kata kunci : Circuit Training, Pencak Silat, Tendangan T

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nuzul dwi gustiana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2023)
Tanggal disimpan : 17-04-2023 16:15
Terakhir diubah : 25-05-2023 11:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4085
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!