PENERAPAN PENDEKATAN DLPS (DOUBLE-LOOP PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 3 TANAH JAMBO AYE

ORIZA SATIVA (2023), PENERAPAN PENDEKATAN DLPS (DOUBLE-LOOP PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 3 TANAH JAMBO AYE . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam menentukan perkembangan bangsa kedepannya kualitas pendidikan yang baik di masa sekarang akan menetukan generasi-generasi yang berkualitas di masa yang akan datang, dengan begitu guru dituntut agar menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik agar dapat meningkatkan mutu pendidikan. Yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar Matematika dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran DLPS (Double-Loop Problem Solving) untuk siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanah Jambo Aye. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika materi pecahan dengan menggunakan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving untuk siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanah Jambo Aye tahun ajaran 2022. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanah Jambo Aye yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 13 perempuan. Subjek pemberi tindakan adalah peneliti, guru kelas IV dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data sederhana meliputi pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, analisis data dan interprestasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanah Jambo Aye. Hal ini dapat ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan Hasil belajar pada siklus I sebesar 17,39% dengan nilai rata-rata 60, siklus II sebesar 73,91% dengan niai rata-rata 75, dan siklus III sebesar 95,65% dengan nilai rata-rata 81. Dengan mencapai peningkatan hingga 78,26% penelitian. Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Double Loop Problem Solving dalam pembelajaran Matematika pada materi Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Hasil Belajar, Pecahan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ORIZA SATIVA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 10-04-2023 11:40
Terakhir diubah : 05-09-2023 12:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4051
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!