PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII DI SMPN 1 INDRA MAKMU ACEH TIMUR ABSTRAK

Hayatul Nurul Fitri (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII DI SMPN 1 INDRA MAKMU ACEH TIMUR ABSTRAK. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran every one is a teacher here merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mengutamakan pengajaran sesama siswa yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuannya sehingga berpengaruh baik terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran every one is a teacher here pada materi ekosistem kelas VII di SMPN 1 Indra Makmu Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Indra Makmu yang berjumlah 117 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-D sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan uji hipotesis t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran every one is a teacher here terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji hipotesis dengan perolehan t-hitung > t-tabel yaitu 5,494 > 2.001 pada taraf signifikan 5% dan ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran every one is a teacher here dengan peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional yaitu dari perolehan hasil nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,63 pada kategori sedang dengan kriteria peningkatan hasil belajar 63% pada kategori sedang dan ktiteria keefektifan model pembelajaran every one is a teacher here cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan pada kelas kontrol hasil nilai rata-rata N-gain  yaitu 0,43 pada kategori sedang dengan kriteria peningkatan hasil belajar 43% pada kategori cukup dan kriteria keefektifan model pembelajaran konvensional kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian diterima dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dari penerapan model pembelajaran every one is a teacher here pada materi ekosistem kelas VII di SMPN 1 Indra Makmu Aceh Timur.

Kata kunci : Model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Hayatul Nurul Fitri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2023)
Tanggal disimpan : 10-04-2023 11:08
Terakhir diubah : 25-05-2023 10:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4050
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!