ANALISIS NILAI TAMBAH KELAPA MENJADI MANISAN KELAPA (STUDI KASUS : USAHA ALFIS) DI DESA SIMPANG LHEE KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA

Taslya Septarida (2023), ANALISIS NILAI TAMBAH KELAPA MENJADI MANISAN KELAPA (STUDI KASUS : USAHA ALFIS) DI DESA SIMPANG LHEE KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya keuntungan dan nilai tambah dari kelapa menjadi manisan kelapa di Desa Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa dengan enggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populai dan sampel yang digunakan hanya 1 sampel yaitu pemilik usaha sekaligus pengusaha kelapa menjadi manisan kelapa yang memiliki nama usaha yaitu Usaha Alfis. Penelitian ini dilakukan di salah satu desa yang berada di kecamatan Langsa yaitu di Desa Simpang Lhee. Untuk mengetahui besarnya keuntungan dan nilai tambah dari kelapa menjadi manisan kelapa di Desa Simpang lhee Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa mengggunakan metode analisis data keuntungan dan metode analisis nilai tambah menggunakan metode Hayami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya penerimaan yang didapat dari hasil penjualan produk manisan kelapa yaitu sebesar Rp. 10.000.000,00. Total biaya yang dikeluarkan selama proses produksi sebesar Rp. 3.663.887,00 dan keuntungan yang didapat dalam selama proses produksi yaitu sebesar Rp. 6.336.113,00.

Kata kunci : Kelapa, Keuntungan, Nilai Tambah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Taslya Septarida
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 31-03-2023 15:41
Terakhir diubah : 10-04-2023 14:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4019
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!