STRATEGI PEMASARAN EKSPOR LIDI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT SUMATERA UTARA (STUDI KASUS : UD. TEGAR PAMUNGKAS)

Rangga Hardiansyah Putra (2023), STRATEGI PEMASARAN EKSPOR LIDI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT SUMATERA UTARA (STUDI KASUS : UD. TEGAR PAMUNGKAS) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktok-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman pemasaran ekspor lidi kelapa sawit dan menganasilis strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pemasaran dan peningkatan pemenuhan kebutuhan ekspor lidi kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu merupakan data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini menujukan bahwa terdapat empat alternatif strategi yaitu SO1 melakukan peningkatan fasilitas usaha dengan menambahkan modal usaha untuk meningkatkan keuntungan, SO2 meningkatkan konsistensi usaha untuk memenuhi permintaan pasar. WO1 memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendapatkan jangkauan pasar lebih luas, WO2 membuat seluruh komponen penunjang usaha agar usaha terus berkembang. ST1 melakukan inovasi dalam pengolahan bahan baku untuk menjaga kualitas dan menambah variasi produk, ST2 menambah dan menjaga hubungan dengan relasi usaha untuk menjagapasokan demi mencukupi kebutuhan konsumen. WT1 melakukan pemasaran secara digital agar lebih bersaing dengan industri sejenis. WT2 menambah sarana dan prasarana untuk meminimalisir resiko cuaca dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Berdasarkan hasil QSPM didapat prioritas strategi utama dalam penelitian ini yaitu melakukan peningkatan fasilitas usaha dengan modal yang tersedia.


 


 

Kata kunci : Lidi Kelapa Sawit, Analisis SWOT, QSPM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rangga Hardiansyah Putra
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 28-03-2023 15:10
Terakhir diubah : 30-05-2023 12:01
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3983
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!