EFEKTIVITAS PENAMBAHAN VITERNA PADA PAKAN TERHADAP SINTASAN DAN KINERJA PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAWAL AIR TAWAR (COLOSSOMA MACROPOMUM)

Antoni (2023), EFEKTIVITAS PENAMBAHAN VITERNA PADA PAKAN TERHADAP SINTASAN DAN KINERJA PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAWAL AIR TAWAR (COLOSSOMA MACROPOMUM). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sintasan dan kinerja pertumbuhan benih ikan bawal air tawar yang diberi perlakuan viterna pada pakan dengan dosis yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan 4 perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali ulangan. Pada setiap perlakuan diberikan dosis viterna P1=0 ml (kontrol), P2=10 ml, P3=15 ml, dan P4=20 ml. Hasil dari perlakuan tersebut berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan bobot mutlak, dan laju pertumbuhan harian. Sedangkan pada sintasan dan rasio konversi pakan (RKP) tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Pertumbuhan panjang mutlak tertinggi terdapat pada P4 sebesar 3,82 cm, sedangkan pertumbuhan panjang mutlak terendah terdapat pada P1 sebesar 3,01 cm. Pertumbuhan bobot mutlak tertinggi terdapat pada P4 sebesar 9,88 g, sedangkan pertumbuhan bobot mutlak terendah pada P1 sebesar 6,40 g. Sedangkan laju pertumbuhan harian tertinggi terdapat pada P4 sebesar 2,35%, sedangkan laju pertumbuhan harian terendah terdapat pada P1 sebesar 1,77%. Dari hasil penambahan viterna dengan dosis berbeda pada pakan, semakin tinggi dosis viterna yang diberikan maka pertumbuhan yang dihasilkan memiliki kategori semakin baik

Kata kunci : ikan bawal, pertumbuhan, sintasan, viterna

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Antoni
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 24-03-2023 14:54
Terakhir diubah : 29-03-2023 14:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3974
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!