ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA IKAN CUPANG (BETTA SP.) STUDI KASUS USAHA BANG YOP BETTAFARM DI KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA

Irmalia Alrahmah Wizuli (2023), ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA IKAN CUPANG (BETTA SP.) STUDI KASUS USAHA BANG YOP BETTAFARM DI KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk menganalisis kelayakan usaha budidaya ikan cupang pada Usaha Bang Yop Bettafarm di Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa layak untuk diusahakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Studi Kasus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Penggunaan analisis kuantitatif pada studi kelayakan ini dilakukan dengan analisis kelayakan finansial usaha bubidaya ikan cupang. Analisis Return Cost Ratio (R/C) dapat digunakan untuk mengetahui apakah usaha yang dilakukan peternak tersebut layak atau tidak. R/C merupakan perbandingan antara penerimaan total dengan biaya total yang meliputi biaya variabel dan biaya tetap. B/C merupakan perbandingan antara pendapatan dengan biaya total. Hasil penelitian Pendapatan bersih pada usaha budidaya ikan cupan di Desa Alur Dua Kecamatan Langsa Baro sebesar Rp.5.133.925/Bulan. Hasil perhitungan R/C diperoleh nilai sebesar 4,1, karena nilai R/C >1 maka dikatakan usaha ikan cupang layak diusahakan. Nilai 4,1 artinya setiap Rp.1 dana yang diinvestasikan pada usaha ikan cupang akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp.4,1 setiap bulan. Dari nilai R/C = 4,1 menjelaskan bahwa usaha budidaya ikan cupang tersebut sangat menjanjikan untuk dikembangkan asalkan trend permintaan terus meningkat. Hasil perhitungan B/C diperoleh nilai sebesar 3,1, karena nilai B/C >1 maka dikatakan usaha ikan cupang layak diusahakan. Nilai 3,1 artinya setiap Rp.1 dana yang diinvestasikan pada usaha ikan cupang akan menghasilkan pendapatan bersih sebesar Rp.3,1 setiap bulan. Dari nilai B/C = 3,1 menjelaskan bahwa usaha budidaya ikan cupang tersebut sangat menguntungkan untuk dikembangkan asalkan trend permintaan terus mengalami pengingkatan serta harga-harga barang modal (biaya produksi) tidak mengalami kenaikkan yang tinggi.

Kata kunci : Ikan Cupang, Penerimaan, Pendapatan, Kelayakan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Irmalia Alrahmah Wizuli
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 23-03-2023 22:31
Terakhir diubah : 30-03-2023 14:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3971
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!