PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI LANGSA LAMA

Shelvy nurima Yanti (2023), PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI LANGSA LAMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang hanya menggunakan metode konvensional saja yang cenderung membuat guru kurang kreatif dan inovatif. Sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa lebih cenderung pasif dan tidak aktif dikarenakan siswa merasa jenuh dan bosan, hal ini menyebabkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model advance organizer terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Langsa Lama.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Peneliti melakukan eksperimen terhadap pembelajaran dengan menggunakan model advance organizer pada kelas eksperimen dan menggunakan metode pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Penelitian dilakukan melalui pretest dan posttest. Hal ini dilakukan peneliti untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa selama pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Eksperimen semu” (Quasi Eksperimen).Dari hasil penelitian terrlihat perbedaan rata-rata nilai yang dicapai oleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil tes pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 13, yakni dari tes awal 67 mengalami peningkatan menjadi 80. Sedangkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan juga, yakni dari tes awal 60,65 menjadi 65,21 hanya mengalami peningkatan sebesar 4,56. Peningkatan hasil tes kelompok kontrol tidak sebesar pada kelompok eksperimen.Berdasarkan hasil uji homogenitas pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004. Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil dari 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan model advance organizer berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Langsa Lama.Saran dalam penelitian ini yaitu guru perlu mengembangkan model pembelajaran advance organizer khususnya memperdalam cara penyampaian materi agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan.

Kata kunci : Advance Organizer, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Shelvy nurima Yanti
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 23-03-2023 19:23
Terakhir diubah : 29-04-2024 14:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3970
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!