PEMILIHAN SUPPLIER JAGUNG SEBAGAI BAHAN BAKU UTAMA PAKAN TERNAK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) (Studi Kasus : PT. Mabar Feed Indonesia)

MUHAMMAD IQBAL (2019), PEMILIHAN SUPPLIER JAGUNG SEBAGAI BAHAN BAKU UTAMA PAKAN TERNAK MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) (Studi Kasus : PT. Mabar Feed Indonesia). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PT. Mabar Feed Indonesia adalah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri pakan ternak ayam petelur dan ayam pedaging. Salah satu produk yang dihasilkan perusahaan yaitu pakan ternak dengan bahan baku utama jagung yang dipasok oleh enam supplier yang masuk ke perusahaan tersebut. Terdapat beberapa permasalahan dalam pemilihan supplier diantaranya adalah sering mengalami keterlambatan pengiriman dan jumlah kedatangan bahan baku tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti berinisiatif membuat penelitihan tentang pemilihan supplier jagung dengan menggunakan pendekatan Multi Criteria Decision Making (MCDM). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP) dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS. Dari hasil pengolahan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang menjadi rangking pertama PT Central RA dengan nilai (0.907), Weighted Product (WP) yang menjadi rangking pertama PT Central RA dengan nilai (0.195) dan metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) yang menjadi rangking pertama PT Central RA dengan nilai (0.587). Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan ketiga metode tersebut diperoleh hasil yang sama, artinya ketiga metode tersebut dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan supplier.


Kata kunci : Kata kunci: Supplier, Pendekatan MCDM, SAW, WP dan TOPSIS.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUHAMMAD IQBAL
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2019)
Tanggal disimpan : 26-02-2020 09:21
Terakhir diubah : 26-02-2020 09:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=396
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!