A N A L I S I S L E A N M A N U F A C T U R I N G U N T U K MEMINIMALKAN WASTE PADA PROSES PRODUKSI KECAP ASIN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) (STUDI KASUS : PERUSAHAAN ANEKA GUNA)

Halimahtu sakdiah ali (2023), A N A L I S I S L E A N M A N U F A C T U R I N G U N T U K MEMINIMALKAN WASTE PADA PROSES PRODUKSI KECAP ASIN MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) (STUDI KASUS : PERUSAHAAN ANEKA GUNA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Perusahan Aneka Guna yang bergerak dibidang pembuatan kecap dan tauco komoditi utamanya adalah kecap asin dengan merek kecap cap singa. Masalah dalam perusahaan ini adalah terdapat aktivitas-aktivitas yang kurang efisien karna adanya waste. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi waste pada proses produksi kecap asin yang terdapat di Perusahaan Aneka Guna dan merancang aliran proses produksi dengan menggunakan Value Stream Mapping (VSM) di Perusahaan Aneka Guna. Metode yang digunakan adalah pendekatan lean manufacturing dan Value stream mapping. VSM merupakan metode untuk memetakan dan menggambarkan suatu aliran produksi dan aliran informasi untuk memproduksi suatu produk dari masing-masing stasiun kerja serta merencanakan keadaan kedepannya dengan performa yang lebih baik. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa perbaikan dapat dilakukan dengan penerapan lean manufacturing dengan cara membandingkan proses sebelumnya (current value stream mapping) yang berjumlah 21 elemen kerja, setelah dilakukan perancangan perbaikan (future value stream mapping) Tetap 21 elemen kerja tetapi waktu dan jarak yang berubah karna adanya reduce pada kegiatan non value added. Dari penerapan lean maufacturing pada proses produksi sebelumya (current value stream mapping) yang berjumlah 21 tahapan dengan process cycle efficiency senilai 75,41%. sedangkan setelah melakukan rancangan perbaikan (future value stream mapping) nilai process cycle efficiency 91,63%. Setelah perbaikan menunjukan bahwa dengan penerapan lean manufacturing dapat meningkatkan nilai dari process cycle efficiency sebesar 16,22 % dan pemborosan waktu proses produksi kecap asin dapat dikurangi atau reduce.

Kata kunci : lean manufacturing, waste, value stream mapping

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Halimahtu sakdiah ali
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 20-03-2023 19:15
Terakhir diubah : 27-05-2023 13:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3953
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!