UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL DAUN DAN BUNGA ASOKA (IXORA CHINENSIS LAM.) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DPPH (2,2-DIPHENYL-1- PICRYLHYDRAZYL)

Cut Laila Safrida (2023), UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL DAUN DAN BUNGA ASOKA (IXORA CHINENSIS LAM.) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DPPH (2,2-DIPHENYL-1- PICRYLHYDRAZYL) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Aceh merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki banyak tanaman yang dapat berkhasiat sebagai obat. Asoka (Ixora chinensis Lam.) merupakan tanaman hias yang dibudidayakan sebagai tanaman penghijauan dan berpotensi sebagai tumbuhan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan melalui parameter IC50 pada ekstrak etanol daun dan bunga asoka (Ixora chinensis Lam.) dengan menggunakan metode DPPH. Ekstrak etanol diperoleh melalui metode maserasi. Metode yang digunakan adalah peredaman radikal bebas dengan DPPH (2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl) yang tereduksi dari senyawa antioksidan secara spektrofotometri UV-Visible pada panjang gelombang 517 nm dengan menggunakan vitamin C sebagai kontrol positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun asoka (Ixora chinensis Lam.)  dengan regresi linear menunjukkan aktivitas antioksidan sebesar 16,98 ppm dan hasil IC50 pada bunga asoka (Ixora chinensis Lam.) dengan regresi linear menunjukkan aktivitas antioksidan sebesar 24,97 ppm sedangkan vitamin C sebagai kontrol positif menunjukkan aktivitas antioksidan sebesar 7,16 ppm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun dan bunga asoka (Ixora chinensis Lam.) memiliki aktivitas antioksidan sangat kuat (nilai IC50 < 50).

Kata kunci : Antioksidan, IC50, DPPH, daun dan bunga asoka (Ixora chinensis Lam.).

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cut Laila Safrida
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 17-03-2023 10:29
Terakhir diubah : 30-03-2023 14:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3939
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!