PENILAIAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP)

Indrianti Agustina (2023), PENILAIAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ABSTRAK
 


E-KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan pengendalian baik dari segi administrasi maupun teknologi informasi berbasis database Kependudukan Nasional. Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). Program e-KTP dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP nasional di Indonesia yang memungkinkan seseorang memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini dikarenakan belum adanya basis data terpadu yang mengumpulkan data kependudukan dari seluruh Indonesia. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan pelanggan dan mengetahui atribut kualitas pelayanan yang dianggap penting dalam pembuatan E-KTP dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta analisis deskriptif. Sumber data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para responden yang rentang usia 17 tahun sampai 50 tahun, dengan jumlah 100 responden di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Langkat. Teknik pengambilan sampel ialah suatu cara dalam pengambilan sampel yang representatif dari populasi. Pengelohan Data menggunakan metode service quality (SEVQUAL) Uji validasi dan realibilitas, Importance Perfomance Analysis (IPA), Uji Wilcoxon signed rank test (datanya tidak berdistribusi normal). Hasil dari penelitian ini ialah Tingkat kepuasan masyarakat pengguna layanan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Langkat sebesar 98% pada interval 81,26 – 100 % dengan mutu pelayanan A dan kinerja pelayanan Sangat Baik. Dengan demikian, dari analisis Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa masing-masing atribut pelayanan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Langkat sudah dapat memenuhi harapan dari masyarakat pengguna layanan E-KTP, artinya masyarakat merasa puas terhadap 21 atribut pelayanan E-KTP.


 

Kata kunci : E-KTP, kepuasan masyarakat, Importance Performance Analysis (IPA)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Indrianti Agustina
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 16-03-2023 11:12
Terakhir diubah : 04-05-2023 10:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3930
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!