FAKTOR PENDORONG DAN KONTRIBUSI WANITA BURUH PABRIK DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS : PT. INDUSTRI AGRIBISNIS INDONESIA DI DESA SUDIREJO, KECAMATAN NAMORAMBE, KABUPATEN DELI SERDANG)

Ermila Br Sembiring (2023), FAKTOR PENDORONG DAN KONTRIBUSI WANITA BURUH PABRIK DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS : PT. INDUSTRI AGRIBISNIS INDONESIA DI DESA SUDIREJO, KECAMATAN NAMORAMBE, KABUPATEN DELI SERDANG). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor pendorong wanita bekerja, menganalisis pendapatan dan kontribusi wanita buruh pabrik pada PT. Industri Agribisnis Indonesia di Desa Sudirejo, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Sudirejo, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian dilakukan dengan metode survei dengan desain penelitian kausal. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner langsung dengan responden dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah 22 wanita buruh pabrik pada PT. Industri Agribisnis Indonesia di Desa Sudirejo, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang. Banyaknya sampel pada penelitian ini yaitu 22 wanita buruh pabrik yang bekerja pada PT. Industri Agribisnis Indonesia di Desa Sudirejo, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan metode sampling jenuh. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengetahui faktor pendorong wanita buruh pabrik bekerja dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis pendapatan dan kontribusi pendapatan wanita buruh pabrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor pendorong wanita bekerja pada umumnya ialah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, 2) Rata-rata pendapatan yang diperoleh seluruh wanita buruh pabrik setiap bulan sebesar Rp1.869.545,00 dan 3) Kontribusi pendapatan wanita buruh pabrik dalam meningkatkan pendapatan keluarga adalah sebesar 42,89%, artinya kontribusi pendapatan wanita buruh pabrik berdasarkan skala interval kontribusi termasuk dalam kriteria kontribusi baik.

Kata kunci : Faktor Pendorong, Pendapatan, Kontribusi, Wanita

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ermila Br Sembiring
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 16-03-2023 10:50
Terakhir diubah : 21-03-2023 10:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3929
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!