NILAI-NILAI KEBAJIKAN DALAM KUMPULAN CERITA DONGENG “30 DONGENG LIMA BENUA"

DINDA AYUNI (2023), NILAI-NILAI KEBAJIKAN DALAM KUMPULAN CERITA DONGENG “30 DONGENG LIMA BENUA" . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Cerita-cerita dongeng mampu memberikan pesan secara halus kepada anak-anak. Dengan cerita yang imajinatif dan menarik, anak-anak akan lebih mudah menerima pesan yang ada. Pesan yang disampaikan pun akan lebih mudah untuk diterima karena anak merasa tidak digurui oleh orangtuanya. Dongeng juga akan mampu menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri seorang anak. Sehingga cerita dongeng sangat mampu dalam membentuk karakter dari seorang anak khususnya karakter anak usia dini. Dongeng dapat dijadikan sebagai media atau alat untuk membentuk karakter dari seorang anak. Apalagi saat ini dongeng lebih banyak dihadirkan dalam bentuk buku bacaan yang lebih inovatif untuk anak, dengan kemasan yang menarik baik itu dari segi tampilan ataupun dari segi cerita yang mampu membuat anak tertarik. 


Tujuan penelitin ini adalah  untuk mengetahui  nilai-nilai kebajikan yang terkandung dalam buku kumpulan cerita dongeng “30 dongeng lima benua


Pendekatan metode penelitian ini yaitu  penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang mengungkap keadaan sebenarnya dalam cerita.


Hasil penelitian menunjukan bahwa   nilai Kebajikan adalah sesuatu perbuatan, tindakan, kesadaran dan tenggang rasa dari seseorang terhadap orang lain yang sama-sama hidup di dunia.Nilai kebajikan adalah keberanian, pengharapan, optimism, ambisius, inisiatif individu, cinta tanah air, cinta keluarga, kepedulian terhadap lingkungan, dan kepekaan tindakan terhadap keadilan. Adapun nilai kebajikan yang terdapat dalam buku kumpulan cerita dongeng “30 dongeng lima benua” yaitu kebijaksanaan dan pengetahuan, keberanian, kebaikan hati, keadilan, kesabaran, dan kesalihan.


Disarankan  agar buku kumpulan cerita dongeng “30 dongeng lima benua dapat menjadi rujukan di seluruh lembaga pendidikan di Kota Langsa. Karena dalam buku tersebutterdapat nilai-nilai kebajikan. Peneliti berharap agar penelitian ini dilanjutkan oleh peneliti selanjutnya. Hendaknya pada penelitian selanjutnya mengkaji nilai lainnya yang terdapat dalam kumpulan cerita dongeng “30 dongeng lima benua.

Kata kunci : Nilai Kebajikan, Dongeng, Lima Benua

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DINDA AYUNI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 13-03-2023 11:42
Terakhir diubah : 28-08-2023 11:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3910
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!