PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS II SD NEGERI GELUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SRI RAHAYU (2023), PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS II SD NEGERI GELUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Ular Tangga untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada kelas II SD Negeri Gelung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, penggunaan, dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media ular tangga untuk pembelajaran matematika pada siswa kelas II SD Negeri Gelung. Dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, penggunaan, dan meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan model pembelajaran Course Review Horay berbantu media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas II SD Negeri Gelung. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas II SD Negeri Gelung dan subjek dari pemberi tindakan ini adalah peneliti, guru kelas II dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwasaanya peneliti ini menunjukan adanya peningkatan dalam keterampilan sosial siswa kelas II SD Negeri Gelung. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai ketuntasan dari keterampilan sosial siswa pada siklus I sebesar 4%, kondisi awal 53% meningkat menjadi 57%. Peningkatan keterampilan sosial pada siklus II sebesar 8%, kondisi awal 53% meningkat menjadi 65% dan pada siklus III meningkat 11%, kondisi awal 53% meningkat menjadi 76%. Maka penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Course Reviw Horay Berbantuan Media Ular Tangga ini dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas II SD Negeri Gelung.

Kata kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Ular Tangga, Meningkatkan Keterampilan Sosial.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SRI RAHAYU
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 13-03-2023 10:20
Terakhir diubah : 11-09-2023 12:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3909
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!