ANALISIS ALOKASI DANA DESA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KELEMBAGAAN DESA DI KECAMATAN TRUMON TIMUR ACEH SELATAN

Nur Maini (2023), ANALISIS ALOKASI DANA DESA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KELEMBAGAAN DESA DI KECAMATAN TRUMON TIMUR ACEH SELATAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Studi ini bermaksud untuk membahas Analisis Alokasi Dana Desa dan Dampaknya Terhadap Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan desa di Kecamatan Trumon Timur Aceh Selatan.Sebagai tujuan antaranya untuk menganalisis pengolakasian,pengelolaan dan penggunaan Alokasi dana desa.menganalisis dampak Alokasi dana desa terhadap penyerapan tenaga kerja serta pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan desa di Kecamatan Trumon Timur Aceh Selatan. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuisioner,dan dokumentasi. Bedasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut : alokasi dana desa dan dampaknya terhadap pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan desa di kecamatan trumon timur aceh selatan secara normative dan adminstratif sudah baik. Namun, secara subtansi ada beberapa hal yang harus diperbaiki yaitu kurang dilibatkannya masyarakat dalam hal pengelolaan alokasi dana desa dan terbatas nya SDM yang kurang memadai, dan dalam aspek pengalokasian ADD, sebagian besar penggunaan ADD ternyata lebih banyak diarahkan pada kegiatan fisik, disusul kemudian untuk penambahan kesehjateraan perangkat desa dalam bentuk dana purna bakti, tunjangan dan sejenisnya serta sebagian lagi untuk kegiatan rutin. serta transparasi yang belum maksimal karena masyarakat tidak banyak mengetauhi akan adanya kegiatan tersebut.


 

Kata kunci : Alokasi Dana Desa,dampak Alokasi Dana Desa, Pemberdayaan Masyarakat, kelembagaan desa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nur Maini
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2023)
Tanggal disimpan : 10-03-2023 16:12
Terakhir diubah : 16-03-2023 10:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3908
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!