ANALISIS SKILL CHANGE BERBASIS WORKSHOP PADA KELOMPOK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BORDIR GAMPONG SIDOREJO KOTA LANGSA

Maulidal Khairi (2023), ANALISIS SKILL CHANGE BERBASIS WORKSHOP PADA KELOMPOK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BORDIR GAMPONG SIDOREJO KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan hard skill dan soft skill pada kelompok UMKM bordir Gampong Sidorejo Kota Langsa sebelum dan setelah diadakannya kegiatan Workshop. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. UMKM merupakan bagian penting dari perekonomian suatu bangsa. Aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan UMKM yaitu memproduksikan barang dan memperjualbelikan agar memperoleh keuntungan/pendapatan yang besar, namun sebelumnya agar dapat memproduksikan barang yang berkualitas, kelompok UMKM harus memiliki Skill SDM yang memadai, Hasil penelitian menunjukan bahwa Workshop dapat memberikan perubahan keterampilan (Skill Change) kepada SDM Kelompok UMKM, dimana dilihat pada taraf pengetahuan dan ketrampilan mengenai teknik mendesain motif bordir, Ibu-ibu kelompok UMKM bordir sudah mulai memahami teknik mendesain motif bordir serta mampu membuat desain motif bordir yang indah. Pada taraf Peningkatan pendapatan penjualan, terlihat adanya peningkatan pendapatan sekitar 30% setelah di adakannya kegiatan workshop. Pertumbuhan ekonomi masyarakat gampong Sidorejo Kota Langsa khususnya kelompok UMKM bordir berada pada taraf baik, hal ini di ukur dari adanya peningkatan hasil produksi bordir dan pendapatan dalam kegiatan ekonomi masyarakat.

Kata kunci : Skill Change, Workshop, UMKM, Pertumbuhan Ekonomi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Maulidal Khairi
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2023)
Tanggal disimpan : 10-03-2023 16:08
Terakhir diubah : 14-03-2023 15:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3907
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!