PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN TIME TOKEN AREND PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TRI UTARI HANDAYU (2020), PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN TIME TOKEN AREND PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran cooperatif tipe Snowball Throwing dan Time Token Arend merupakan model alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Karena model pembelajaran ini melatih kesiapan siswa dan saling memberikan pengetahuan dan membantu siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang membagi murid dalam kelompok heterogen dimana masing-masing aggotanya membuat bola pertanyaan, dan model pembelajaran Time Token Arend merupakan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sosial agar siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam. Tujuan Penelitian untuk mengetahui seberapa besar perbedaan model Snowball Throwing dengan Time Token Arend pada materi sistem gerak manusia terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa/i kelas VIII di SMP Negeri 6 Langsa yang berjumlah 84 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil secara purposive sampling sehingga terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas yang menggunakan model Snowball Throwing yang berjumlah 28 siswa dan kelas VIII.3 sebagai kelas yang menggunakan model Time Token Arend yang berjumlah 28 siswa. Ada perbedaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Time Token Arend terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 langsa Tahun Pelajaran 2019/2020. Besarnya perbedaan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token Arend terhadap aktivitas belajar yaitu 3,95 dan besarnya perbedaan model pembelajaran Snowball Throwing dan Time Token Arend terhadap hasil belajar yaitu 2,01. Diharapkan dengan penelitian ini setiap pendidik meningkatkan keprofesionalan dalam belajar mengajar dan menerapkan berbagai macam model pembelajaran yang sesuai agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dan time token arend.

Kata kunci : Snowball Throwing, Time Token Arend, Aktivitas, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : TRI UTARI HANDAYU
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2020)
Tanggal disimpan : 06-03-2023 13:05
Terakhir diubah : 09-03-2023 11:16
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3885
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!