PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES (ENE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 6 LANGSA

Sri Ramadhani Daulay (2022), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES (ENE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 6 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran Example Non Example (ENE) adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar yang sesuai dengan kompetensi dasar. Example Non Example (ENE) adalah model yang dapat digunakan untuk mempercepat penguasaan konsep dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penerapan model pembelajaran Example Non Example (ENE) pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII dengan 4 kelas yang berjumlah 95 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini 1 kelas yaitu kelas VIII-3 yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang di gunakan adalah soal tertulis berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan penerapan model Pembelajaran Example Non Example (ENE) pada materi sistem ekskresi manusia dengan nilai thitung >ttabel yaitu 2,264> 2,086. Selisih besar peningkatan pemahaman konsep siswa adalah 39,9. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat peningkatan pemahaman konsep secara signifikan dengan penerapan model Example Non Example (ENE) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa.


 

Kata kunci : Model Example Non Example, Pemahaman Konsep Ipa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Ramadhani Daulay
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2022)
Tanggal disimpan : 02-03-2023 09:24
Terakhir diubah : 16-05-2023 10:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3843
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!