PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEBUN LAMA

Riki Alfani (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEBUN LAMA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa kurang kritis didalam proses pembelajaran maka kegiatan belajar mengajar akan menjadi kurang menarik dan terkesan monoton dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran treffinger. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dari Saur Tampubolon. Subjek penelitian tindakan kelas ini merupakan siswa kelas V SD Negeri 1 Kebun Lama dengan jumlah 9 orang. Hasil penelitian pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata nilai yaitu 46,38. Kemudian siklus II rata-rata nilai yaitu 68,056. Pada siklus III rata-rata nilai yaitu 92,22. Saran dari hasil penelitian ini adalah, kepada kepala sekolah diharapkan untuk dapat membantu dalam memfasilitasi, serta membimbing guru dalam menggunakan dan mengembangkan inovasi terkait model pembelajaran, kepada guru diharapkan menerapkan dan mengembangkan model-model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas seperti penggunaan model pembelajaran treffinger ini, kepada siswa diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan berpikir krtitisnya dengan baik, mampu mempersiapkan diri dengan baik, sehingga jika kedepannya model-model, metode serta inovasi seperti model pembelajaran treffinger.

Kata kunci : Model Pembelajaran treffinger, kemampuan berpikir kritis, berpikir kritis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Riki Alfani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 23-02-2023 16:56
Terakhir diubah : 07-03-2023 10:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3832
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!