PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA OTONOMI KHUSUS TERHADAP BELANJA DAERAH DI KABUPATEN ACEH TAMIANG

Ariska Miranda (2023), PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA OTONOMI KHUSUS TERHADAP BELANJA DAERAH DI KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Otonomi Khusus terhadap Belanja Daerah di Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan data time series dan diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Tamiang dengan runtun waktu 2008-2021. Model penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Daerah di Kabupaten Aceh Tamiang, secara parsial Dana Alokasi Umum berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Daerah di Kabupaten Aceh Tamiang, secara parsial Dana Otonomi Khusus berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Belanja Daerah di Kabupaten Aceh Tamiang, dan secara Simultan Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Otonomi Khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Daerah di Kabupaten Aceh Tamiang.

Kata kunci : Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Otonomi Khusus dan Belanja Daerah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ariska Miranda
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2023)
Tanggal disimpan : 14-02-2023 12:49
Terakhir diubah : 08-03-2023 16:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3782
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!