STUDI KEANEARAGAMAN JENIS IKAN DI SUNGAI ALUR CUCUR KABUPATEN ACEH TAMIANG

Kiki Aprilia (2023), STUDI KEANEARAGAMAN JENIS IKAN DI SUNGAI ALUR CUCUR KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sungai Alur Cucur merupakan salah satu sungai yang terletak di desa Alur Cucur, kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, yang masih terjaga dengan baik, akan tetapi sampai saat ini belum ada data mengenai keanekaragaman jenis ikan di sungai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  keanekaragaman  dan  kelimpahan jenis ikan yang ada di sungai Alur Cucur. Metode yang digunakan adalah  sampling lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis  ikan yang tertangkap di tiga stasiun terdiri dari 8 famili (Anabantidae, Channidae, Cichlidae, Clariidae, Cyprinidae, Nandidae, Osphronamidae, Zenarchopteridae) dan 9 spesies (Osphronemus goramy, Channa striata, Oreochromis niloticus, Clarias gariepinus, Mystacoleucus padangensis, Rasbora argyrotaenia, Pristolepis grootii, Betta Sp., Dermogenys orientalis). Jumlah total ikan yang tertangkap dari 3 stasiun adalah sebanyak 124 ekor. Kelimpahan relatif perhitungan, jenis ikan Nila memiliki nilai kelimpahan relatif tertinggi 29,84% Sementara itu, jenis ikan Kepper dan gabus memiliki nilai kelimpahan relatif terendah 0,81%. Nilai Indeks keanekaragaman berkisar antara 1,53-1,59 adapun tergolong dalam kategori sedang. Nilai indeks dominansi berkisar antara 0,21-0,26 pada Indeks tersebut dikategorikan rendah. Nilai Faktor kondisi ikan 0,59 – 2,94, hal itu menunjukkan kondisi ikan bervariasi. Nilai Indeks keseragaman (E) berkisar antara 0,67-0,70 nilai tersebut menunjukkan bahwa keseragaman jenis ikan tergolong tinggi. Frekuensi keterdapatan ikan tertinggi dari 3 stasiun yaitu terdapat pada 5 spesies yaitu, Osphronemus goramy, Oreochromis niloticus, Clarias gariepinus, Mystacoleucus padangensis, dan Dermogenys orientalis dengan niai 100%.


 

Kata kunci : Sungai Alur Cucur, keanekaraman, kelimpahan relatif, dominansi, faktor kondisi, keseragaman, frekuensi keterdapatan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kiki Aprilia
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 09-02-2023 16:04
Terakhir diubah : 13-02-2023 21:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3760
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!