DAMPAK DANA BANTUAN PRODUKTIF USAHA MIKRO (BPUM) DALAM UPAYA PEMULIHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS : DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG)

Putri wisdayanti (2023), DAMPAK DANA BANTUAN PRODUKTIF USAHA MIKRO (BPUM) DALAM UPAYA PEMULIHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS : DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pandemi covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan masyarakat tetapi juga menyerang dan melumpuhkan ekonomi negara khususnya pada sektor UMKM. kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang yang juga merasakan langsung dampak covid-19 tersebut terhadap perkembangan dan pertahanan usahanya. Oleh karena itu pemerintah melakukan pemulihan ekonomi nasional, salah satu caranya dengan mengeluarkan kebijakan dengan memberikan dana bantuan tunai langsung berupa dana bantuan produktif usaha mikro (BPUM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak dana BPUM dalam upaya membantu pemulihan Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak Dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dalam upaya membantu pemulihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif Deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis alam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah dari salah satu indikator dalam menentukan dampak dana BPUM bahwa dana BPUM tidak berdampak dalam menambah jumlah variasi atau jumlah produk hal ini dikarenakan modal dana BPUM tergolong kecil sehingga responden cenderung bertahan pada usaha yang sudah mereka miliki. Dari indikator penentuan dampak dana BPUM hasil uji Skala Likert dengan hasil akhir 70,43% menyatakan bahwa variabel dana BPUM berdampak dalam upaya pemulihan UMKM pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang.

Kata kunci : Program Pemulihan Ekonomi (PEN), Dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Putri wisdayanti
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2023)
Tanggal disimpan : 09-02-2023 12:40
Terakhir diubah : 08-03-2023 15:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3758
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!