PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SD N 6 LANGSA

Yanri Wibowo Nababan (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SD N 6 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam menggunakan inovasi pembelajaran dan media pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran problem solving. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dari Saur Tampubolon. Subjek penelitian tindakan kelas ini merupakan siswa kelas V SD Negeri 6 Langsa dengan jumlah 16 orang. Hasil penelitian pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, Pada siklus I rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 53,20. Kemudian siklus II nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 68,98. Siklus III nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis meningkat menjadi 81,06. Saran dari hasil penelitian ini adalah, kepada kepala sekolah diharapkan dapat membimbing guru dalam menerapkan serta mengembangkan inovasi terkait model pembelajaran dan media pembelajaran, kepada guru diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan inovasi pembelajaran yang melibatkan siswa salah satunya model Pembelajaran problem solving. dan kepada siswa untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi inovasi pembelajaran terbaru kedepannya seperti model problem solving.

Kata kunci : Model Pembelajaran problem solving, kemampuan berpikir kritis.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yanri Wibowo Nababan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 08-02-2023 11:45
Terakhir diubah : 20-02-2023 09:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3752
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!