PENGARUH AUDIT TENURE DAN PENERAPAN IFRS TERHADAP KETERLAMBATAN PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN AUDIT REPORT LAG SEBAGAI PEMEDIASI

Zuchrina Masyitah (2023), PENGARUH AUDIT TENURE DAN PENERAPAN IFRS TERHADAP KETERLAMBATAN PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN AUDIT REPORT LAG SEBAGAI PEMEDIASI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Audit Tenure dan Penerapan IFRS terhadap keterlambatan penyampaian laporan keuangan dengan audit report lag sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Data perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Indonesia Stock Exchange (IDX). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Total sampel penelitian yang sesuai dengan kriteria peneliti selama periode 2011-2020 adalah 23 sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis (analisis jalur), uji analisis regresi logistik, dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa audit tenure tidak berpengaruh terhadap audit report lag, sedangkan penerapan IFRS berpengaruh terhadap audit report lag. Hasil juga menunjukkan bahwa audit report lag berpengaruh terhadap keterlambatan penyampaian laporan keuangan. Selain itu, audit tenure dan penerapan IFRS tidak berpengaruh terhadap keterlambatan penyampaian laporan keuangan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa audit tenure tidak berpengaruh terhadap keterlambatan penyampaian laporan keuangan melalui audit report lag, sedangkan penerapan IFRS berpengaruh terhadap keterlambatan penyampaian laporan keuangan melalui audit report lag.

Kata kunci : Audit Tenure, IFRS, Keterlambatan Penyampaian Laporan Keuangan, Audit Report Lag

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zuchrina Masyitah
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 02-02-2023 10:52
Terakhir diubah : 03-02-2023 16:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3734
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!