PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STABILITAS KEUANGAN, TEKANAN EKSTERNAL TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI)

Yuliana Gultom (2023), PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STABILITAS KEUANGAN, TEKANAN EKSTERNAL TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui ukuran perusahaan, stabilitas keuangan, tekanan eksternal terhadap kecurangan laporan keuangan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian yaitu seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling sebanyak 26 perusahaan. Ukuran perusahaan diproksi dengan total aset, stabilitas keuangan diproksi dengan perubahan total aset setiap tahunnya, tekanan eksternal diproksi dengan rasio leverage, dan kecurangan laporan keuangan diproksi dengan managemen laba. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan, stabilitas keuangan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan, tekanan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan.

Kata kunci : ukuran perusahaan, stabilitas keuangan, tekanan eksternal dan kecurangan laporan keuangan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yuliana Gultom
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 02-02-2023 10:05
Terakhir diubah : 10-02-2023 16:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3733
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!